Tim Wasev Kunjungi TMMD Ke 100

_dsc7249

_dsc7108GARUT – Danrem 062/Tn Kolonel Inf Joko Hadi Susilo, S.I.P, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan Dandim 0610/Smd Letkol Arm I Made Mertha Yasa menerima kunjungan Tim Pengawas Evaluasi (Wasev) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 TA. 2017 dari staf Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD Mabes AD dan Mabes  Polri di wilayah Kab. Sumedang yang dipimpin oleh Pati Staf khusus KASAD Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru di Makodim 0610/Sumedang, Selasa (10/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0610 menyampaikan paparan pencapaian sementara kegiatan TMMD ke-100 TA.2017 yang bertempat di desa Sukarapih Kecamatam Sukasari Kabupaten Sumedang. Menurut Dandim, Program TMMD berorientasi pada program pembangunan pemerintah daerah sesuai dengan masyarakat pedesaan.

“Melalui TMMD, TNI akan membantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan program kesejahteraan, kesadaran bela negara, dan Kamtibmas di pedesaan supaya dapat terwujudnya pertahanan nasional yang mantap di segala bidang,” katanya.

_dsc7205Dikatakan Made, tahap perencanaan TMMD dimulai sejak tanggal 26 Juni sampai dengan 10 Juli 2017 dengan pelaksanaannya yaitu menerima serta menjabarkan perintah Danrem 062, melaksanakan koordinasi dengan Pemda tentang program TMMD, survey dan penentuan obyek TMMD oleh tim asistensi TMMD Kab. Sumedang, serta membuat buku rengiat TMMD ke 100.

“Tahap pelaksanaan yang dimulai sejak tanggal 27 September 2017 tersebut telah melaksanakan kegiatan dengan upacara pembukaan TMMD yang dilanjutkan giat khusus seperti  Pelayanan pembuatan SIM masuk desa, pelayanan KB dan kesehatan, pemberian 100 paket sembako, pemberian bibit jagung dan bibit cabe, serta kegiatan-kegiatan fisik dan non fisik lainnya,” ujar Made.

Hasil yang telah dicapai selama program TMMD seperti sasaran fisik dan non fisik, kata dia,  meliputi pekerjaan pelebaran jalan, jembatan, tanggul, gorong-gorong dan juga berbagai macam kegiatan pelayanan kepada masyarakat, serta kegiatan-kegiatan lainnya kami laksanakan bersama-sama dengan pemda melalui instansi terkait.

_dsc7126“Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-100 dapat dilaksankan sesuai program-program yang telah ditentukan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Wasev, Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru, dalam sambutannya mengatakan kegiatan TMMD mempunyai andil yang sangat besar dan bermanfaat untuk masyarakat. Pasalnya, kegiatan tersebut melibatkan segenap unsur TNI/Polri/SKPD yang juga masyarakat.

“TMMD merupakan program yang sangat membanggakan, karena kita disini bisa bergotong royong untuk sama-sama mensejahterakan masyarakat. Mudah-mudahan, masyarakat bisa merawat semua sarana yang kita bangun dengan sebaik-baiknya,” ucapnya. (Azis/”KAPOL/Penrem 062/Tn”)